Trik Mudah Cara Pemasangan Karpet Masjid

Selamat pagi guys, pernah gak kalian ketika saat selesai sholat terus melihat karpet masjid atau sajadah masjid yang terlipat, tidak presisi, ada jarak yang harusnya gak ada deh. Bisa jadi, itu karena cara pemasangan yang tidak tepat.

Intinya ini kok berantakan ya, padahal kemarin waktu ke masjid karpetnya tidak seperti ini? Betul karpet masjid jika pemasangannya tidak benar memang akan mudah sekali berantakan dan tidak indah lagi.

Apa lagi di antara sambungan sajadah masjid, biasanya paling rawan untuk lepas. Jika tidak ditangani dengan benar, akan jadi awal mula kerontokan benang halus yang ada di sajadah masjid.

Kali ini saya mau share nih, tips dan trik cara memasang karpet masjid agar bisa rapi dan juga bisa bertahan lama.

Hal yang pertama harus kalian lakukan sebelum memasang karpet masjid iyalah:

  1. Ukur karpet dengan benar.
  2. Sediakan alat potong.
  3. Sediakan alat untuk memasang karpet.

Ukur Karpet Dengan Benar

Bangunan masjid, mempunyai berbagai bentuk dan ukuran. Jadi, ketika kita membeli karpet masjid, harus menyesuaikan ukuran ruangan yang akan dipasang. Tapi, sayangnya karpet yang biasanya dijual tidak bisa dibeli dalam meteran.

Bisanya, pembelian karpet masjid dalam bentuk roll. Setiap roll karpet mempunyai beberapa ukuran, ada yang 6 mater /roll ada juga yang 12 mater /roll. Disini kita bisa menyesuaikan pembelian sesuai dengan kebutuhan kita.

Jadi, sebelum membeli karpet masjid. Kita harus sudah tau berapa kebutuhan karpet yang akan kita beli.

Baca Juga : Cara Menyimpan Karpet Masjid di Masa Pandemi

Sediakan Alat Potong Karpet

Setalah kita membeli karpet masjid, pastinya kita harus menyesuaikan panjang karpet dengan ruangan yang akan dipasang. Jika memang terlalu panjang, mau tidak mau harus kita memotongnya.

Memotongan karpet harus hati-hati ya. Memotong karpet tidak seperti memotong kertas atau kain seperti pada umunya. Ketika memotong karpet masjid harus mengikuti alur backing karpet.

Seperti namanya backing karpet berada pada sisi belakang karpet pada sisi kerasnya. Pada bagian belakang terlihat ada sebuah pola bintik tempat menempelnya benang halus karpet.

Jika memotong karpet masjid usahakan untuk lurus dan mengikuti alur dari karpet dan tentu gunakan alat yang cocok untuk memotong.

Lalu, apa saya alat yang bisa digunakan untuk memotong karpet?

  1. Cutter, gunakan cutter yang tajam dan juga kuat untuk memotong karpet.
  2. Gunting, gunakan gunting yang tajam dan juga kuat ya. karena alas karpet masjid cukup keras, jika hanya menggunakan gunting yang kecil dan juga tidak tajam justru akan merusak gunting.
  3. Alat memotong kain, alat potong kain ini memang didesain untuk memotong kain, baik yang tipis maupun yang tebal. Alat ini juga bisa gunakan untuk memotong karpet dan penggunaan lebih mudah dan tidak menggunakan banyak tenaga.

Untuk cara yang lebih lengkap sudah saya bahas di cara memotong karpet masjid.

Sediakan Alat Pemasangan Karpet

Alat yang digunakan untuk memasang karpet tidak banyak kok, tapi untuk orang awam memang jarang kita jumpai. Pemasangannya pun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan karpet rumahan pada umumnya.

Namun yang membedakan, dimensinya lebih panjang di bandingkan karpet rumahan pada umumnya. Sehingga membutuhkan penangan yang sedikit agak berbeda.

Jika karpet masjid pasang seperti yang di rumah pada umumnya, akan berakibat pada umur penggunaan yang tidak tahan lama, karena akan menurunkan kualitas jahitannya.

Lalu, apa saja alat yang diperlukan untuk pemasangan agar karpet tetap rapi dan juga awet?

  1. Bond Tape Agar Sambungan Tetap Merekat

Kalian pernah lihat sambungan antar karpet (jengat) terangkat ke atas pada sisinya? Pasti pernah ya, nah jika karpet nya tidak diurus dengan benar akan berbahaya loh. Apa lagi kalo ada anak-anak yang sering lari-lari, jika lewat karpet yang seperti itu bisa tersandung.

Karpet yang tidak rata juga bisa menurunkan kualitas karpet itu sendiri loh. Bond tape fungsinya hampir sama dengan lakban atau sejenisnya. Tapi bond tape memang di peruntuknya untuk menyambung karpet.

  1. Setrika Karpet Atau Heat Bond Iron Agar Tidak Mudah Lepas

Seperti namanyanya, bentuk dari setrika karpet hampir sama dengan setrika pada umumnya. Namun cara penggunaan setrika ini tidak untuk menyetrika karpet yang lecek ya.

Yuk Pasang Dan Sambung Karpet

Lalu, bagaimana menggunakan bond tape dan juga setrika karpet?

Pertama, gelar karpet yang akan disambung dan sejajarkan terlebih dahulu, pastikan karpet sudah sejar rapi dan lurus ya. setelah itu letakan bond tape di antara karpet yang akan disambung.

Bond tape berfusing untuk menyambungkan karpet yang akan di sambung, agar celah tidak rusak dan tidak mudah lepas.

Setelah bond tipe sudah tepat berapa di antara karpet yang akan disambung, selanjutnya gunakan setrika karpet untuk memanaskan bond tipe agar lem yang ada di bond tipe cair dan bisa digunakan untuk merekatkan antar karpet.

Gunakan Jasa Pemasangan

Pemasangan karpet sebenarnya tidak terlalu sulit karena tidak jauh berbeda dengan pemasangan karpet rumahan pada umunya. Namun, karpet sajadah masjid mempunyai dimensi yang lebih pajang dan juga mempunyai beberapa kadaan khusus.

Seperti, karpetnya terlalu panjang atau harus menyambung agar bisa sesuai dengan ukuran ruangan masjid.

Disinilah tantangan yang berbeda juga butuh ke ahlian dan juga alat khusus. Tapi jika memang kesulitan untuk memasang karpetnya bisa diserahkan ke jasa pemasangan karpet.

Aladdin karpet, selain menyediakan berbagai macam karpet masjid, kami juga menyediakan paket pemasangan karpet masjid. Sehingga, anda tidak perlu khawatir dengan kualitas karpet dan juga teknis pemasangannya.

Aladin karpet
Pusat Karpet Sajadah

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *