7 Tips Cara Mencuci Karpet Masjid Agar Tidak Bau

Udah capek mencuci karpet kok setelah kering masih tetap bau ya? Yuk ikutin tips cara mencuci karpet masjid agar tidak bau berikut.

Sering ya kejadian seperti itu, mau kita mencuci sendiri ataupun karpet kita cucikan ke tukang laundry karpet. Permasalahanya pasti hampir sama, ada bau apek yang tidak sedap. Agar bau apak itu hilang biasanya kita menambahkan parfum atau wewangian lainnya.

Tapi, hasilnya malah gadogado ya, bau apeknya tidak hilang tapi bau parfumnya menyengat sekali. Justru makin tidak jelas wanginya dan pastinya akan menggangu orang sekitarnya.

Biasanya penyebab karpet bau setelah kita cuci itu karena pada saat pengeringan karpet tidak maksimal. Semisal saat menjemur karpet, awan sedang mendung sehingga karpet masjid tidak dapat kering dalam satu hari.

Kalau sudah seperti itu bisanya bakteri yang ada didalam karpet berkembang dan mengakibatkan bau yang tidak sedap. Tapi, sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi, yuk simak tips cara mencuci karpet masjid agar tidak bau. Semoga setelah membaca artikel ini bisa mendapat wawasan baru.

Baca Juga : Jual Karpet Masjid Terlengkap di Yogyakarta

Persiapkan Peralatannya Yang Dibutuhkan

Seperti yang saya jelaskan tadi, sebelum kita menci karpet pastikan terlebih dahulu cuaca pada hari itu sedang cerah ya, agar saat karpet dijemur cepat kering. Yang tidak kalah pentingnya kita juga harus menyediakan tempat untuk menjemur karpet.

Kalau bisa, saat menjemur karpet dalam keadan menggantung ya. Agar karpet cepat kering dan menghindari karpet lembab saat disimpan Kembali. Lalu ada beberapa pelatana yang kita harus persiapkan terlebih dahulu sebelum mencuci karpet.

  • Vacuum cleaner atau bisa kita gunakan pemukul kasur yang dari rotan atau sejenisnya.
  • Alas cuci, kalau bisa menggunkan karpet karet yang berlubang itu atau kalau tidak ada cukup digelar ditempat yang datar dan bersih.
  • Sikat keset, sikat dapat kita sesuaikan dengan jenis karpet yang akan kita cuci. Jika karpet terbuat dari bulu bulu halus baiknya kita gunakan sikat yang halus juga agar bulu karpet tidak rusak.
  • Cairan anti bakteri, ini dalah kunci cara mencuci karpet agar tidak bau. Kalian bisa mendapatkan di toko karpet atau jika tidak menemukan bisa juga memberlinya secara online.
  • Shampoo karpet, jangan menggunakan detergen yak arna kadungan detergen terlalu kuat untuk kain dari karpetnya.

Jika sudah lengkap semua yuk langusung kita mulain Langkah langkahnya.

  1. Sedot Debunya Dulu Dengan Vacuum Cleaner

Gelar karpet diatas alas cuci atau tempat yang datar untuk di bersihkan debu yang ada disela sela antar benang dengan menggunakan vacuum cleaner.

  1. Basuh Dengan Air Secara Merata

Basuh karpet secara merata menggunakan air bersih, pastikan setiap permukan sudah terkena air agar mudah dalam membersikannya nanti.

  1. Ratakan Shampoo Pada Seluruh Permukaan

Jika karpet sudah basah, selanjutnya ratakan shampoo dipermukaan karpet. Lalu gunakan sikat yang sudah kita persiapkan untuk menyikat karpet.

Saat menyikat karpet usahakan menyikat dalam satu arah atau dapat mengijkutin alur dari karpetnya agar benang karpet dan bulu karpet tidak rusak.

  1. Bilas Dengan Air Sampai Tidak Ada Busa Yang Terlelihat

Bilas air dengan merata untuk menghilangkan sisa busa bekas menyikat tadi. Jika kalian menggunakan selang air, lebih baik untuk menyemprotnya dengan tekanan yang kuat agar sela pada benag juga dapat dibersihkan.

Semprot air hingga busa benar-benar hilang ya, bisa juga di kombinansikan dengan menyikat kembali tapi dengan ringan saja, agar sabun yang ada pada sela benag juga ikut hilang.

  1. Semprot Dengan Cairan Anti Bakteri

Semprotkan cairan anti bakteri ke permukaan karpet yang sudah tidak ada busanya. Kalian bisa membelinya di toko karpet atau juga membeli secara online.

Bisa juga kalian mengganti cairan anti bakteri ini dengan bahan cairan kaporit atau wipol yang mengandung karbol.

  1. Kering Kan Di Tempat Yang Cukup Suhunya

Sebelum menjemur sebaiknya kita melakukan pengeringan manual untuk mengurangin air yang ada dikapet. Kalian bisa menggunakan serokan air yang biasa kita gunakan dikamar mandi.

Ingat ya, saat kalian menjemur karpet pastikan cuaca diluar memang sedang cerah dan jemur lah karpet dangan keadaan menggantung.

Agar air yang ada dikarpet cepat turun dan pengeringan tentunya jadi lebih cepat.

  1. Taburin Dengan Baking Soda

Ini dalah cara opsional jika kalian tidak menggunakan cairan anti bakteri, kalian bisa menaburkan baking soda setelah karpet kalian jemur.

Caranya, gelar karpet dipermukaan datar lalu tebarkan tipis baking soda dipurmukaan karpet. Tunggu sekitar satu jam lalu bersihkan dengan vacuum cleaner.

Baca Juga : Tips Memilih Karpet Masjid

Kesimpulan

Ternyata mudah ya Cara mencuci karpet masjid agar tidak bau, tapi tergantung juga dengan ukuan karpet jika karpet ukuran kecil memang mudah tapi jika ukunya besar seperti karpet masjid lebih baik kalian langsung membawanya ke yang profesional atau bisa mengundang jasa cuci karpet masjid dengan drycleaning seperti di Pusatkarpetsajadah.com

Baca Juga Harga Jual Karpet Masjid

Baca Juga : Penyebab Karpet Majid Bau Pesing

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *