Ada berbagai cara mudah membuat Penggalangan dana pada saat ini. Salah satu mengunakan platfom online. Kita bisa menggunakan media sososial atau juga menggunakan web yang memang memperuntukan untuk penggalangan dana, seperti kitabisa.
Kelebihan jika kita menggunakan media online untuk penggalangan dana, kita dapat menjangkau lebih banyak orang dari berbagai profesi juga tempat. Dan juga, tentunya waktu yang dibutuhkan juga lebih efisien dari pada penggalangan dana konfensional seperti door to door.
contoh penggalangan dana melalui media online mulai marak ketika kasus Prita Mulyasari, yang dikenai denda 204 juta akibat mengadukan layanan yang buruk rumah Sakit OMNI Internasional lewat email.
Kabar kejadian ini tersebar dengan sangat cepat di media online dan menarik banyak simpati netizen. Mereka dengan cepat merespon kabar tersebut dan berhasil mengumpukan dana bahkan lebih dari yang dibutuhkan.
Media sosial, mempunyai peranan besar dalam mengubah pikiran dan tingkah laku seseorang. Contoh seperti penggalangan dana bisa mencapai angka yang fantastis berkat foto dan juga caption yang mencritakan betapa pilunya kejadian dalam foto tetrsebut.
Hal ini disampaikan dalam penelitian Georgetown University terhadap lebih dari 2.004 pengguna internet Amerika berusia lebih dari 18 tahun.
Menurut penelitian dari Georgetown University yang dilansir oleh tirto.id, dari 2.004 responden 76% persen menyatakan setuju untuk mempengaruhi orang lebih peduli sosial lewat postingan media sosial. Dari penelitian tersebut juga mendapat hasil 82% orang menyatakan media sosial dapat membuat orang lebih bersimpati pada isu tersebut dan 55% orang bahkan tergerak untuk membantu.
Membuat Perancanaan
Pelajari Peraturan Penggalan Danan Yang Berlaku Diwilayah Sekitar
Tentunya saat kita akan membuat penggalangan dana, pasti kita sudah mempunyai gol yang kita ingin dan juga tujuan dari acara ini.
Tapi, sebelum melaksanan penggalangan dana ada baiknya kita mencari tahu tentang peraturan yang berlaku terkait dengan penggalangn danan baik itu untuk donasi bencana alam, kemanusian, ataupun untuk Pendidikan.
Kita juga bisa berkonsultasi kepada teman atau juga Lembaga yang sudah pernah menajalan penggalangan dana dengan tema yang serupa.
Tentnunya ini penting dilakukan, agar jangan sampai niat baik kita jutru berakibat fatal atau merugikan pihak lain.
Kenali Orang Permirsa Anda
mengenali pemirsa atau donatur yang akan menyumbang ke program penggalangan dana adalah kunci kesuksesan dari pengggalan dana ini. Cobalah mengatahui target dari pemirsa yang akan kita bidik.
Seperti, kisaran usia yang akan anda bidik, demokgrafi, agama, dll. Walau memang tidak memungkinkan udah ada cross prediksi dari pendonor. Tapi juga penting kita untuk mengetahui siapa saja pendonor kita.
Hal ini menjadi penting, untuk membuat campaign atau iklan yang akan kita gunakan untuk memperkenalkan program donasi kita. Jika kita mengetahuin pendonor pada usia lanjut. Kita bisa menggunakan strategi yang tradisonal.
Tapi jika kita mengetahui pendonor didominasi olah anak muda, maka kita menggunakan cara yang lebih kretif dan juga praktis dalam beriklas. Contoh bisa menggunakan media sosial dan juga iklan yang berbaru teknologi.
Carilah Orang Yang Memiliki Sepikiran
Dalam menjalan program donasi tentunya kita butuh banyak bantuan dari berbagai pihak. Karna kita tidak bisa hanya mengerjakain sendiri apalagi jika target donasi yang ingin kita capai termasuk besar.
Maka sebaiknya mengumpulkan tim yang mempunyai tujuan yang sama untuk menyukseskan acara donasi ini.
Tentukan Lembaga Donasi Yang Memang Kredibel
Dengan kesibukan kita, kadang kita tidak bisa langsung menyalurkan dana yang sudah kita kumpulkan ke penerima atau banyak sebab yang tidak dapat kita control. Sebaiknya serahkan ke lembaga penyalur dana yang sudah berpengalaman dan terpercaya.
Pilihlah Lembaga penyalur yang memang transparan dalam penyalurannya, seperti Act atau kita juga menggunakan platfom kitabisa.com untuk menyalurkan donasi yang sudah kita kumpulkan.
Baca Juga : Jual Karpet Masjid di Kendal
Kesimpulan
Cara Mudah Membuat Penggalangan- Dalam memilih kampanye yang akan kita danai atau sebelum membuat donasi. Ada baiknya kita melihat dengan betul permasalahan dan memahami kebutuhan yang dibutuhkan dalam membantu orang tersebut.
Apagi pada zaman media sosial seperti saat ini, ada kecendrungan orang yang menggunakan jalan yang tidak baik untuk mendapatkan keuntungan peribadi. Contohnya membuat kampenya bantuan sosial untuk orang yang sebenarnya dia mampu.
Ada baiknya kita mengecek lagi, apakah memang orang yang kita bantu itu memang butuh bantuan atau hanya orang malas yang hanya mengandalkan bantuan dari orang lain tanpa berusaha.