Cara Mencuci Karpet Agar Tidak Bau

Cara mencuci Karpet agar tidak bau – Sering kejadian gak sih, karpet sudah capek-capek kita cuci bahkan mungkin sudah dibawa ke tukang laundry. Tapi ketika dibawa pulang kok tetep aja bau apek bercampur dengan bau parfum. Jadinya gado gado gitu baunya.

Kalo udah gitu kan kesel yaa, udah capek cepek nyuci, mana berat lagi karpetnya. Eh kok hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapakan.

Kali ini saya mau ngasih tips nih cara mencuci karpet agar tidak bau, buat yang punya karpet dirumah baca sampai habis yaa. Semoga bisa menjadi wawasan baru dan buat yang baru punya karpet lebih wajib lagi baca samapai habis yaa.

  1. Siapkan Peralatan Yang Dibutuhkan

Sebelum kita mencuci karpet pastikan dulu ya, cuaca pada hari itu. Pastikan pada hari itu cuacanya sedang terang, tidak mendung atau bahkan sedang hujan. Yaa namanya menjemur harus di saat cerah dong hehe.

Yang tak kalah penting, kita juga harus menyediakan tempat menjemur karpetnya. Kalo bisa menjemurnya dalam keadaan digantung, agar air yang masih ada didalam karpet dapat langsung turun dan karpet jadi lebih cepat kering. Nah kalo cuaca dan tempat menjemur sudah komplit.

Selanjutnya bahan-bahan dan pratalan yang akan digunakan untuk mencucinya, apakah itu?

  • Vacuum cleaner atau bisa juga menggunakan gebukan kasur atau apapun untuk membersihkan debu yang ada di karpetnya.
  • Alas mencuci kalo bisa bisa gunakan keset karet yang lobangnya besar besar itu.
  • Sikat untuk keset jangan terlalu kasar tapi jangan lerlalu halus ya tapi juga harus di sesiangkan dengan jenis karpetnya ya,
  • Cairan anti bakteri, nah disini bisa dibilang kuncinya cara mencuci Karpet agar tidak bau. Pakai kaporit atau wipol yg karbol bisa menggunakan baking soda.
  • Shampoo/ sabun karpet, jika tidak dapat juga menggunakan shampoo biasa aja ya.
  1. Sedot Debunya Dulu Dengan Vacuum Cleaner

Ini yang sering biasanya kita lewatkan, ketika baru pertama kali mencuci karpet. Dikira nyuci karpet sama aja dengan nyuci baju ya, ternyada ada perbedaan nya loh.

Ketika kita akan mencuci karpet lebih baik memvacuum telebih dahuhu atau jika tidak ada vacuum cleaner. Bisa juga memukul mukul karpet agar debu dan juga sisa sisa makan yang jatuhh diatas karpet dapat hilang.

  1. Basuh Dengan Air Secara Merata

Setelah kita menghilangkan debu yang menempel di karpet, selanjutnya semprotkan air secara merada ke seluruh permukaan karpet. Pastikan seluruh karpet basah yaa.

Jika menggunakan selang air, lebih baik untuk menyemprotkannya dengan kuat agar dapat menembus celah celah yang ada di karpet.

  1. Ratakan Shampoo Pada Seluruh Permukaan

Oleskan shampoo yang sudah kita persiapkan sebelum, ke seluruh permukaan karpet secara merata. Setelah sudah merata shamponya barulah kita menyikat karpetnya dengan sikat yang sudah kita persiapkan.

Sikatlah secara merata dan sesuaikan tenaga kita Ketika menyikat dengan tekstur karpet. Jika karpetnya agak keras kita bisa menyikat dengan tenaga lebih.

  1. Bilas Dengan Air Sampai Tidak Ada Busa Yang Terlelihat

Setelah selesai menyikat karpet, bilaslah seluruh permukaan karpet dengan air bersih hingga tidak terlihat lagi busa bekas samponya. Setelah di bilas dengan bersih cobalah untuk mengeringkan secara manual.

Pengeringan manual bisa menggunakan serokan air yang biasanya kita gunakan untuk menyerok air di lantai. Alat ini termasuk evektif, agar proses pengeringan lebih efektif dan lebih efisien.

Baca Juga : Cara Sederhana Membersihkan Karpet Masjid Dari Rambut

  1. Semprot Dengan Cairan Anti Bakteri

Ini adalah salah trik yang saya dapat dari abang abang jasa cuci karpet. Katanya setelah kita keringkan karpetnya. Sebelum di jemur, baiknya disemprotkan dengan cairan anti bakti agar tidak mudah bau Ketika proses penjemurannya.

  1. Kering Kan Di Tempat Yang Cukup Suhunya

Langkah terahir, kita jemur karpetnya di tempat yang sudah kita sediakan. Baiknya untuk menjaga warna tetap cerah, jemur karpet di tempat yang terbuka tapi tidak terkena sinar matahari langsung.

  1. Taburin Dengan Baking Soda

Ini juga ada cara lain juga. Jika kita tidak punya cairan anti bakterinya, bisa juga menggunakan baking soda setelah kita karpet kering.

Caranya, rentangkan karpet di lantai lalu taburkan secukupnya keatas permukaan karpet. Tunggu sekitar 30-60 menit lalu bersihkan menggunakan vacuum creaner. Jika karpet akan tidak langsung digunakan, lebih baik digulung dan dismpan ditempat yang kering

Untuk Kabutuhan karpet permadani dan juga karpet masjid dapat langsung mengunjungi aladdinkarpet.com

Atau Pusat Karpet Sajadah

baca juga Daftar Harga Karpet Masjid 2021

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *