Cara Memperbaiki Karpet Masjid Akibat Rokok

Karpet masjid tidak sengaja terkena rokok? Kamu tidak pelu khawatir, ada berbagai cara memperbaiki karpet yang rusak. Jadi tidak perlu harus keluar uang ekstra untuk membeli karpet yang baru.

Sudah hal yang wajar untuk pemilik karpet, baik yang karpet dirumah maupun karpet masjid. Terjadi kerusakan, entah itu bolong atau rusak dengan berbai sebab.

Salah satu penyebab kerusakan karpet yang paling umum, biasanya umur karpet yang sudah tua. Sehingga karpet mulai rontok, robek atau bolong dan yang paling sering warna karpet sudah mulai memudar.

Tapi kita bisa kok, memperpanjang umur karpet agar tidak muda rontok dan sebagainya dengan cara melakukan perawatan rutin.

Tapi ada bebapa kecelakaan yang sering terjadi yang berakibat rusak atau bolongnya karpet. Contohnya terkena putung roko atau abu roko yang masih menyala.

Dan pastinya jika karpet terkena putong rokok, pada karpet akan meningggalkan bekas yang tidak enak dipandang.

Apa lagi jika karpet masjid yang kena putung rokok, wah pasti bingung ya gimana cara memperbaiki karpet masjid akibat rokok.

Kalian tidak perlu panik kok, apa lagi berfikiran harus membeli karpet baru agar karpet kembali indah dan cantik seperti semula.

Pastinya jika membeli karpet yang baru, kalian harus mengeluarkan uang yang lebih banyak. Karna harga karpet sendiri sudah lumayan ya apa lagi jika karpet yang diinginkan termasuk karpet yang tebal. Wah tentunya harus dipertimbangkan lagi dong untuk membeli karpet barunya.

Ada caranya kok cara memperbaiki karpet yang rusak, seperti karpet terkena sertika atau memperbaiki karpet akibat rokok.

Dan tentunya cara ini tidak akan menguras isi kantong dompet kita seperti jika kita  membeli karpet yang baru.

Memperbaiki Karpet Akibat Rokok Kecil

Seperti hal yang kita tau roko sudah menjadi kebiasan di Indonesia. Kadang saat sedang merokok, abu rokok jatuh ke lantai atau ke karpet. Sehingga berkibat karpet lobang atau terkena luka bakar akibat dari abu rokok tersebut.

Jika luka bakar yang diterima karpet tidak terlalu besar atau hanya kecil disatu titik, maka kita bisa menyiasati agar luka bakar tidak terlalu terlihat.

Apa aja sih yang harus kita persiapkan? Yukk kita persiapkan bahan dan pralatannya:

  1. Gunting manicure.
  2. Pinset.
  3. Piring kecil.
  4. Lem karpet.
  5. Sisir.
  6. Pemberat.

Pertama, gunakan gunting manicure untuk memotong benang/ bulu karpet yang terbakar. Potong lah secukupnya aja ya, pastikan hanya benang yang terbakar saja yang dipotong. Ambil potongan benang dengan pinset yang sudah kita siapkan.

Kedua, potong sejumlah kecil bedang karpet dari area yang jarang terlihat. Bisanya pada bagian pojok yang jarang sering disentuk atau dilewati

Pakai gunting manicure untuk memotong benang secara merata agar tidak terlihat berbeda dengan daerah sekitarnya. Tempatkan bedang yang telah kita potong tadi di piring kecil. Agar, kita dapat dengan mudah untuk mengambil potongan benang tersebut.

Ketiga, oleskan lem karpet pada area yang terbakar. Jangan terlalu banyak lem yang dioleskan tapi juga jangan terlalu sedikit. Takutnya jika lemnya terlalu sedikit benang yang akan kita tempelkan akan mudah copot.

Keempat, tempelkan benang karpet yang sudah kita potong dari beberapa bagian tersebut diatas lem yang sudah kita oleskan. Kita dapat menggunakan pinset untuk mengambil benang dan menempelkannya ada titik yang sudah kita oleskan lemnya.

Jangan lupa untuk menekan benang pada titik serat karpet agar dapat menyatu lebih dalam.

Kelima, setelah luka bakar karpet tertutup dengan benang yang baru, letahkan pemberat diatasnya.

Kita dapat menggunakan buku yang berat untuk pemberat, karna buka mempunyai alas yang datar dan cocok untuk dalam kasus ini. Sebaiknya biarkan dalam beberapa hari agar benang menyatu dengan kuat.

Cara Memperbaiki Karpet Terkena Setrika

lalu bagaimana jika karpet terkena luka bakar yang lebar, seperti misal terkena setrika yang sedang panas, atau luka bakar yang lain hingga mengakibatkan luka yang lebar tidak seperti rokok tadi?

luka bakar yang terlalu besar pada karpet tidak dapat ditutupin hanya dengan potiongan serat bedsang seperti pada Kasur luka bekar rokok tadi. Tetapi, dapat kita siasati dengan menggati bagian yang terbakar dengan yang masih bagus.

Cara ini dapat dilakukan jika kita mempunyain karpet ekstra atau sisa karpet masjid serupa yang tidak digunakan.

Ukur Area Yang Terbakar

Sebaiknya kita menggunakan ukuran yang sama untuk memotong karpet agar hasil dari tempelan karpet tetap rapi.

Kita bisa mnggunakan kertas yang sudah kita sesuaikan ukurannya dengan luka untuk menjadi template untuk memotong karpet.

Setelah area yang terbakar sudah terpotong, selanjutnya kita memotong karpet yang sudah kita sediakan untuk menambal bagian yang terbakar. Kita dapat menggunkan kertas template tadi agar ukurannya sama dengan area yang kita potong pertama tadi.

Setalah itu dapat kita lem potongan tersebut menggunakan lem kapet atau bisa menggunkan lakban pada bagian belakangnya.

Dan lihat, hasilnya tidak terlalu buruk bukan?

Kesimpulannya

Kita tidak perlu panik atau buru buru membeli karpet yang baru jika karpet trbakar atau lobang. Bahkan dengan alat yang ada di sekitar, kita dapat memperbaiki karpet dengan mudah.

Jika kita kreatif karpet yang bolong bis akita sulap Kembali menjadi karpet yang cantik lagi, bahkan mungkin orang lain tidak sadar kalau karpet kita pernah bolong.

Tapi jika memang kita tidak memungkinkan untuk dikerjakan sendiri. Dapat kita serahkan ke ahlinya langsung di pusatkarpetsajadah.com

Baca Juga Harga Karpet Untuk Masjid.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *