Cek Disini, Jenis-Jenis Kegiatan Takmir Masjid

Masjid tidak hanya menjadi sebuah tempat ibadah. Tapi, masjid juga dapat menjadi pusat Pendidikan dan juga pemberdaan masyarakat. Dengan dengan jenis-jenis kegiatan takmir masjid yang berkualitas, dapat membangun jamaah sekitar yang berkualitas juga.

Tapi sebelum itu, mari kita bahas secara singkat tentang takmir dan juga manajemen masjid agar kegiatan yang telah diprogramkan berjalan dengan lancar.

Siapakah Takmir Masjid Itu?

Kalian mungkin sudah sering mendengar kata takmir. Tapi, siapa saja kah yang dapat menjadi takmir dan bagaimana pemilihannya itu?.

Takmir adalah sekelompok orang yang mempunyai tugas untuk memakmurkan masjid.

Jadi, takmir tidak hanya untuk satu orang, tapi juga bisa di bentuk sebuah kelompok yang bertugas untuk menjaga dan memakmurkan masjid. Seperti dalam firman Allah SWT : “Sesungguhnya orang-orang yang memakmurkan masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, menegakkan shalat, mengeluarkan zakat dan tidak takut kecuali hanya kepada Allah. Karena itu semoga mereka termasuk orang-orang yang mendapat hidayah”. (QS. At-Taubah : 18).

Kata takmir bisa berasal dari “takmir” (dengan hamzah) yang berarti yang memerintah atau menggerakkan. Atau dari kata “ta’mir” (dengan ‘ain) yang berarti yang memakmurkan.

Keduanya bisa digabung dengan pengertian sebuah wadah yang bisa menggerakkan komunitas masjid, sehingga menjadi makmur dengan aneka kegiatan yang membuat jamaahnya selalu terjaga keimanan, ketakwaan dan ibadahnya.

Lalu bagaimana cara seseorang dipilih menjadi takmir? Pemilihan takmir masjid biasanya berasal dari hasil musyawarah jamaah masjid tersebut. Dan bisanya, takmir masjid saat ini sudah mempunyai stuktur organisasi sendiri.

minimal terdiri dari, penasihat sebagai pengawas kerja dan juga pemberi masukan untuk kepungurusan, ketua sebagai orang yang memimpin jalannya organisasi, wakil ketua sebagai tangan kanan dan juga membantu ketua, sekertaris, bendahara, dan bagian-bagian yang mempunyai tugas masing-masing.

baca juga harga sajadah panjang buat masjid

Jenis-Jenis Kerja Tamir Masjid

pembuatan program kerja tamir masjid, bisanya diserahkan ke setiap masing-masing bidang. setelah itu, baru diputuskan dalam musyawarah dengan seluruh pengurus takmir masjid.

berikut adalah beberapa contoh program kerja pengurus masjid yang sudah kami susun:

Program Kerja Bidang Kegiatan Keagamaan dan Komunikasi Umat

  1. Menyusun jadwal imam baik untuk sholah wajib, sholat jumat, sholat Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha.
  2. Merencanakan dan jika perlu membentuk panitia untuk acara peringatan hari-hari besar Islam, termasuk masalah konsumsi, dsb.
  3. Menyusun jadwal dan melaksanakan pengajian rutin.
  4. Mencari dan menyusun jadwal penceramah.
  5. Menyusun jadwal dan mensosialisasikan tentang program-program yang akan diselenggarakan masjid kepada pihak pemerintah maupun masyarakat.
  6. Menyusun jadwal petugas yang akan memberikan pengumuman, pemberitahuan, dan kewajiban kifayah lainnya kepada masyarakat jika terjadi kemalangan dan meninggal dunia.
  7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang di berikan jika diperlukan.

Program Kerja Bidang Pendidikan, Pembinaan, dan Kesejahteraan

  1. membuat dan menyusun jadwal dan mengadakan pendidikan dan pelatihan tentang Kifayah ( Tatacara mengurus Jenazah).
  2. mengadakan program konsultasi keluarga bagi jamaah wanita dan remaja serta Menyusun jadwalnya.
  3. melaksanakan pesantren kilat, kegiatan olah raga,dan membentuk group kesenian bagi para remaja.
  4. Ikut berperan serta dalam kegiatan ketakmiran dalam rangka peringatan hari-hari besar Islam.
  5. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh ketakmiran, jika diperlukan.

Program Kerja Bidang Sarana dan Prasarana Masjid

  1. Mengumpulkan data lalu mengolahnya dalam hal merencanakan pembangunan.
  2. Merencanakan pengadaan kebutuhan peralatan dan perlengkapan internal dan external gedung dan aset.
  3. Memelihara peralatan gedung dan aset.
  4. Mengumpulkan data lalu mengolah dan menganalisa potensi swadaya masyarakat di bidang pembangunan.
  5. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan jika menemukan masalah segera mencari solusi.
  6. Menyusun rencana kegiatan / program kerja.
  7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh ketakmiran, jika diperlukan.

Program Kerja Bidang Kebersihan dan Keamanan

  1. Mengadakan pengamanan dan kebersihan pada saat adanya pelaksanaan peringatan hari-hari besar Islam.
  2. Merencanakan dan melakukan sosialisasi terhadap bahaya narkoba dan pentingnya keselamatan berlalu lintas bagi para remaja masjid.
  3. Menyusun jadwal kerja kebersihan dan keamanan masjid, inventaris / aset, dan area sekitar masjid.
  4. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh ketakmiran, jika diperlukan.

Bidang Arsip, Perpustakaan, Dokumentasi, dan IT

  1. Menyusun dan melaksanakan program kerja di bidang arsip, perpustakaan, dokumentasi, dan IT.
  2. Menyusun dan melaksanakan program minat baca dan, dan ilmu IT.
  3. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh ketakmiran, jika diperlukan.

gimana sudah paham kan tentang Jenis-Jenis Kegiatan Takmir Masjid. tentungnya contoh diatas dapat di sesuaikan dengan agenda dan juga keadaan jamaah di tempat masing-masing.

Masjid selain menjadi sebagai tempat ibadah umat muslim. juga dapat difungsikan sebagai tempat kegiatan acara keagamaan yang lain seperti, pengajian, acara pernikahan, atau acara pemberdayaan masyarakat lainya.

Kemakmuran masjid pastinya tidak mungkin lepas dari peranan takmirnya, selain  harus memahami karakter jamaah. Takmir masjid juga harus mengerti tentang fungis masjid yang sebenarnya.

Karena, dasar dari kepemimpinan takmir masjid adalah amanan dan juga partisipasi, bukan hanya berkuasa.

“Kriteria pemimpin masjid atau takmir harus mempunyai kemampuan di antaranya dalam masalah agama akidah harus jelas dan kuat. Kemudian juga menjadi panutan masyarakat atau uswatun hasanah), dapat mempersatukan umat yakni pengayom, menghidupkan semangat musyawarah dan dapat memberdayakan potensi jamaah atau kreatif,” jelas Pengurus Pusat Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffazh

Kesimpulan

Pusat karpet masjid

Dari paparan diatas, dapat kita ambil kesimpulan. Bahwa, peranan takmir masjid tidak hanya sekedar membuat program tapi juga menjalankan dan juga memanajemen masjid.

Menentukan takmir masjid sendiri tidak bisa sembarangan, karna takmir masjid harus mempunya sifat amanah dan juga kepedulian yang bersar terhadap umat.

Selain itu takmir masjid harus mempunyai akidah yang kuat dan jelas. Kemudian juga bisa menjadi panutan masyarakat dan pengayom umat.

lalu untuk Jenis-Jenis Kegiatan Takmir Masjid, dapat diisi tidak hanya dengan tema keagaman saja tapi juga ke masyarakatan juga.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *