Menarik Nih, Cara Memotong Karpet Masjid

Halo apaka kabar semua? Hari ini saya mau share cara memotong karpet masjid. seperti yang kalian tau, Ketika kita membeli karpet masjid. kita tidak bisa nih hanya membeli satuan meter saja. Ya mungkin bisa sih, kalo ada stok sisa yang memang untuk dijual ecer dalam jumlah kecil

Tapi biasanya, karpet masjid dijual dalam hitungan rol. Ada yang satu rol panjangnya 6 mater atau 12 mater. Jadi minimal kita beli 1 rol yang paling pendek panjangnya 6 mater.

Tapi, tidak semua masjid ukurannya sama kan, terus gimana dong kalo karpet masjid yang kita beli kepanjangan? Ya dipotong dong karpet masjidnya.

Ingat ya, jangan pernah sekali kali melipat atau menekuk karpet masjid. karna karpet masjid yang ditekuk, akan merusak posisi benang. Akibatnya benang akan mudah rontok dan akan menurunkan kualitas karpet.

Maka, cara terbaik jika karpet masjid kepanjangan. yaitu dengan dipotong karpetnya sesuai dengan kebutuhan dan ukuran masjid.

Cara Memotong Karpet Masjid Tidak Susah Tapi Juga Tidak Mudah

Cutter

Alat potong yang sering kita jumpai dan bisa dibeli beli di toko perkakas. Cutter, juga bisa kita gunakan untuk memangkas karpet masjid.

Namun, tidak semua cutter dapat kita gunakan untuk memangkas karpet masjid. Yang bisa gunakan adalah cutter dengan pinggiran yang terbuat dari beli atau plastic yang dengan ketebalan yang solid.

Cutter yang saya rekomendasikan seperti cutter kenko. Cutter merk ini sering kita jumpai di toko alat alat tulis atau fotokopin yang ada disekitar kita.

Cara menggunakan cutter untuk memotong karpet masjid. Bentangkan terlebih dahulu karpet masjid yang akan dipotong. Lalu, tentukan bagian mana yang akan dipotong. Setelah menentukan bagian yang akan dipotong. Mulai perlahan memotong menggunakan cutter seperti memotong pada umunya. Sebaiknya memotong mengikuti alur dari karpet yang ada belakang karpet.

Gunting Karpet

Gunting juga bisa loh digunakan untuk menggunting karpet masjid. Tapi, tidak semua gunting yang bisa akita pakai untuk memotor karpet. Guting yang dapat kita gunakan adalah gunting besi atau gunting yang menang khusus untuk karpet. Gunting ini mempunya pengangan yang terbuat dari besi.

Sehingga, ketika proses memotong karpet dapat diberikan power yang cukup dan tidak akan patah sepeti gunting yang terbuat dari plastic pada umumnya.

Gunting karpet, memang diperuntuknya untuk memotong bahan kain yang tebal. Bisa juga, memotong bahan untuk kaos, hem, dll. Oleh karna itu guntung ini termasuk alat yang berguna untuk kebuthan kita.

Mesih Potong Kain

Seperti halnya gunting, mesin potong kain ini memang di peruntuk untuk memotong kain. Bentuknya hamper seperti gerindra tangan pada umumnya. Namun, mempunya bentuk yang lebih ringkas dan mempunya mata pisau yang tajam.

Mesin potong kain, juga bsia kita pakai untuk memotong karpet masjid loh, karna mesin ini menggunakan listrik sebagai daya utama. Sehingga dapat menghasilkan power yang lebih baik.

Penggunakan mesin potong kain ini leih simple dan juga mudah. Makanya, mesih potong kain ini sangat digemari oleh para tukang jahit. Karena, dapat menghemat tenaga dan juga waktu saat memotong kain.

Cara memotong karpet menggunakan mesin potong ini juga simplel kok. Setelah kita menentukan bagian karpet yang akan kita potong. Letakkan karpet di bawah mata pisau mesin potong. Lalu jalankan mesin potong dan dorong sesuai dengan arah yang akan kita potong.

Baca Juga : Cara Mudah Memotong Karpet Masjid (LENGKAP)

Potong Dengan Rapi

Mesin potong Karpet majid
Google.com

Mememotong karpet masjid, tidak bisa sembarang ya. Jika kita memotong karpet masjid secara sembarangan, justru bisa merusak karpet dan membuat karpet bisa rontok. Ketika memotong karpet masjid, bisa menyesuaikan dengan alur yang ada dibelakang karpet.

Backing atau alur yang adi belakang berfungsi untuk menjaga bulu bulu harus yang ada dibagian depan, jadi peranannya sangatlah penting. Baik sekian sharing cara memotong karpet masjid. semoga bermanfaat terutama pengurus masjid.

Aladdinkarpet.com

Baca juga Harga Sajadah Panjang Buat Masjid

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *